Excel sendiri merupakan Microsof Office yang yang di utamakan dalam pebuatan table, nah dalam excel terdapat berbagai fungsi yang bertujun untuk memudahkan kita para pengguna untuk membuata dokumen berupa table dan lainnya, pada MS Office Exce ada sebuat rumus yang dapat kita gunakan untuk mencari data secara signifikan .
Seperti namanya VLOOKUP yang diambil dari singkatan vertical lookup yang berarti mencari data secara vertikal, karena di Excel juga terdapat fungsi khusus untuk mencari data secara horizontal.
Penulisan Rumus VLOOKUP adalah sebagai berikut:
“=VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;[range_lookup]) “
lookup_value : nilai yang akan dicari di kolom pertama tabel atau rentang.
table_array : tabel referensi yang ingin dicari datanya yang kolom pertamanya digunakan sebagai acuan untuk nilai lookup_value
col_index_num : nomor kolom pada table_array yang ingin di cari datanya.
range_lookup : pilihan untuk menentukan nilai yang persis atau yang mendekati.
TRUE (1) untuk mencari nilai yang mendekati.
FALSE (2) untuk mencari nilai yang sama persis Jika range_looku
Pada tutorial ini kita Cuma akan menggunakan 3 Vingsi VlookUp yaitu lookup_value, table_array, dan col_index_num
Berikut Contoh Penggunaannya :
lihat langkah kerja nya pada gabmbar di bawah ini
Buatlah table seperti di bawah ini saya menggunakan col_index_num dengan nilai 2
Maaf Admin tidak pandai mengolah kata2 :D maklum anak Teknik bukan guru hehehe
Jika kurang mengerti silahkan di coment :DDD
Seperti namanya VLOOKUP yang diambil dari singkatan vertical lookup yang berarti mencari data secara vertikal, karena di Excel juga terdapat fungsi khusus untuk mencari data secara horizontal.
Penulisan Rumus VLOOKUP adalah sebagai berikut:
“=VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;[range_lookup]) “
lookup_value : nilai yang akan dicari di kolom pertama tabel atau rentang.
table_array : tabel referensi yang ingin dicari datanya yang kolom pertamanya digunakan sebagai acuan untuk nilai lookup_value
col_index_num : nomor kolom pada table_array yang ingin di cari datanya.
range_lookup : pilihan untuk menentukan nilai yang persis atau yang mendekati.
TRUE (1) untuk mencari nilai yang mendekati.
FALSE (2) untuk mencari nilai yang sama persis Jika range_looku
Pada tutorial ini kita Cuma akan menggunakan 3 Vingsi VlookUp yaitu lookup_value, table_array, dan col_index_num
Berikut Contoh Penggunaannya :
lihat langkah kerja nya pada gabmbar di bawah ini
Buatlah table seperti di bawah ini saya menggunakan col_index_num dengan nilai 2
menggunakan Rumus VLOOKUP Excel |
menggunakan Rumus VLOOKUP Excel |
Maaf Admin tidak pandai mengolah kata2 :D maklum anak Teknik bukan guru hehehe
Jika kurang mengerti silahkan di coment :DDD
Tag :
Tutorial Excel
0 Komentar untuk "Menggunakan Rumus VLOOKUP Excel"